Tentang MTs M3R

Tentang MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT REMBANG
By. Moch Ribahn S.Pd.I


Setengah abad lebih 1 tahun sudah perjalanan Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Rembang dalam berkiprah di dunia pendidikan, teruratama pendidikan dan pengajaran agama Islam ‘ala Ahlis sunnah wal Jamaah bagi generasi muslim, khususnya masyarakat kabupaten Rembang. Usia 51 tahun, adalah usia yang cukup matang untuk masa pengalaman dalam sebuah perjalanan. Peribahasa mengatakan; “telah banyak makan garam (kehidupan)”, yang mana dalam hal ini adalah pengalaman dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan keagamaan, yang dilakukan oleh Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Rembang.

 

Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Rembang, yang masyhur disingkat dengan M3R, berdiri pada tahun 1969 berasal dari gagsan dan prakarsa para pemuda Nahdliyyin pada waktu itu. Setelah mendapatkan restu dari para Kyai dan Masyayikh, diantaranya K.H. Zubair Dahlan (Sarang), K.H. Imam Cholil (Sarang), K.H. Baidlowi (Lasem), K.H. Maksum (Lasem), K.H. Zuhdi (Rembang), K.H. Bisri Musthofa (Rembang), K.H. Abdullah Chafidz (Rembang), K.H. Mundir Abdullah (Rembang), dan K.H. Fauzan Zen (Rembang) ghofaro wa rahimahumullah wa adkhilhumul jannata, maka pada tanggal 5 Juli 1969 secara resmi dimulailah kegiatan belajar mengajar di M3R. (lihat Profil & Sejarah Berdiri).

 

Dinamakan Mu’allimin Mu’allimat, karena pada mulanya pengajaran di madrasah ini menerapkan kurikulum PGAP dan PGAA, atau setingkat dengan jenjang Tsanawiyah dan Aliyah dengan lama masa pendidikan 6 (enam) tahun. Namun dalam perjalanan waktu dan perkembangan kebijakan pendidikan nasional, akhirnya penjejangan disesuaikan menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) 3 tahun atau setingkat SMP, dan Madrasah Aliyah (MA) 3 tahun atau setingkat SMA.

 

Kurikulum yang digunakan, baik di tingkat MTs maupun MA, adalah mengikuti garis kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional. Disamping itu, juga disisipi dengan mata pelajaran Idlofi (pendamping) yang berciri khas kepesantrenan dalam rangka mempertahankan dan memperkuat penanaman ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah, seperti; Ke-NU-an dan ASWAJAH, Nahwu dan Shorof (metode Amsilati), Al Qur’an dan Tajwid dan lain sebagainya. Ada yang dimasukkan dalam intra kurikuler (muatan local) dan ada yang dimasukkan dalam ekstra kurikuler, atau pengembangan diri.

 

Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Rembang, pada mulanya berlokasi di rumah al maghfur lahu K.H. Muslich Zuhdi di gang Kulit desa Sawahan Rembang, karena semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan jumlah siswa yang masuk kian bertambah dari tahun ke tahun, hingga pada perkembangannya sampai sekarang MTs dan MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang bertempat di Jl. Pahlawan no 42 desa Kabongan Kidul kecamatan Rembang kabupaten Rembang.

 

Keberadaan MTs dan MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang, dalam banyak hal, tidak lepas dari dukungan pondok-pondok pesantren yang ada di sekitarnya, seperti;

1. P.P. Al Irsyad (Pondok Kauman), dukuh Kauman, kelurahan Kutoharjo, Rembang.

2. P.P. Raudlatut Thalibin / TPI (Pondok Leteh), kelurahan Leteh, Rembang.

3. P.P. Roudlotut Tholibin / TSI (Pondok Kasingan), dukuh Kasingan, desa Sukoharjo, Rembang.

4. P.P. Darul Ulum (Pondok Sidowayah), kelurahan Sidowayah, Rembang.

5. P.P. As Syatibiyyah, dukuh Kauman, kelurahan Kutoharjo, Rembang.

6. P.P. Al Abidin, desa Sawahan, Rembang

7. P.P. Roudlotut Thullab, desa Sawahan, Rembang.

8. P.P. Al Mansuriyah (Pondok Waru), desa Waru Rembang.

9. P.P. Al Qur’an desa Kabongan Kidul, Rembang.

 

Dimulai tahun pelajaran 2019/2020 kemaren, khususnya di tingkat MTs. Mu’allimin Mu’allimat Rembang telah diwujudkan kelas Takhossus (kelas yang berciri khasus) dengan dua program unggulan, yaitu; Tahfidh al-Qur’an (dengan target minimal hafal 5 juz dalam waktu 3 tahun), dan Qiro’atul Kitab (cara cepat baca kitab kuning dengan metode Amsilati karya K.H. Taufiqul Hakim dari P.P. Darul Falah Jepara), baca Program Takhossus. Diharapkan Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Rembang, dalam tahun-tahun ke depan, akan semakin maju dalam berkhidmat terutama di bidang pendidikan agama Islam sesuai dengan akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah.

 

Selamat HARLAH ke 51 M3R, Kadung Sayang.

Posting Komentar

0 Komentar